Sunday, October 2, 2016

Berani Cicipi 5 Makanan Super Pedas Ini?


Bagi Anda pecinta kuliner pedas, tidak sah rasanya kalau belum mencicipi kuliner-kuliner dari berbagai negara yang memiliki citarasa super pedas ini. Yuk, kita simak!


1. Wot
Makanan pedas dari Ethiopia ini terbuat dari tumisan daging yang memiliki bumbu kental seperti Kari. Bumbu-bumbu khas seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabai dan semacam rempah asli Ethiopia bernama berbere menjadi campuran pada makanan ini. Biasana Wot disajikan dengan roti injera atau nasi.


2. Papa a la Huancaina 
Sajian ini berasal dari daerah Huancayo, Peru. Sajian pedas nan lezat ini memiliki bahan dasar kentang. Kentang yang sudah direbus diolah bersama minyak zaitun, selada, dan jagung pipil. Lalu, disiram dengan kuah kental berwarna kuning berbahan keju putih, minyak sayur, susu dan garam. Rasa pedas dalam hidangan ini berasal dari cabai hijau Peru yang usdah sangat terkenal kepedasannya bernama aji amarillo.


Baca juga :


3. Phaal

Sebuah restoran di Amerika Serikat bernama The Brick Lane Curry House membuat sebuah hidangan kari yang diklaim sebagai kari terpedas di dunia. Bagaimana tidak, hidangan berbahan dasar daging ayam atau domba ini diolah bersama delapan jenis cabai terbedas di dunia, termasuk bhut naga jolokia yang digunakan sebagai bahan gas air mata militer India. Tingkat kepedasan masakan ini konon setara 6 juta skala scoville. Sebagai perbandingan, cabai rawit memiliki skala kepedasan 50 ribu scoville. Bahkan sang koki harus menggunakan masker gas saat mengolah hidangan ini. Jika Anda tidak ingin masuk rumah sakit akibat sensasi pedas yang luar biasa, lebih baik menghindari makanan yang satu ini.


4. Vindaloo

Vindaloo merupakan sajian daging domba atau ayam dari India yang sekilas mirip seperti rendang. Sajian ini terkenal akan kepedasannya karena menggunakan bumbu dan rempah-rempah bercitarasa pedas, seperti ketumbar, adas, biji mostar, cabai kering, jahe, dan beberapa bumbu lainnya. Meskipun pedas, hidangan ini ternyata memiliki banyak penggemar karena kelezatan rasanya.


5. Jerk Chicken

Ini merupakan menu makanan yang sangat diminati pada musim dingin oleh penduduk Karibia. Tingkat kepedasan yang luar biasa pada makanan berbahan dasar ayam ini dianggap bisa menghangatkan tubuh saat musim dingin tiba. Jerk chicken merupakan ayam bakar yang diramu menggunakan bumbu dan rempah seperti cengkeh, pala, thyme dawang putih. Rasa pedasnya berasal dari cabai scotch bonnet yang sudah terkenal akan kepedasannya.


No comments:

Post a Comment