Thursday, October 6, 2016

Enam Cara Belajar Ini Ternyata Nggak Efektif


Demi dapat nilai bagus, belajar di sekolah aja memang nggak cukup. Biar jam sekolahnya sampai sore dan pengajarannya bagus, sampe rumah masih perlu belajar lagi. Selain ngerjain tugas sekolah, kamu juga pengen mengulang pelajaran siang tadi. Tapi, udah usaha keras tiap hari, ternyata nggak semua pelajaran bisa masuk semua. Hmmm, jangan-jangan cara belajar kamu kurang efektif, ya.

Kadang, kamu nggak sadar kalau cara bekerja yang tiap hari dijalani ternyata nggak tepat. Ya, karena nggak tepat itu, ujung-ujungnya kamu cuma habisin waktu, tapi pelajaran sedikit yang masuk. Pahadal kalo cara belajar bener, harusnya kamu bisa dapat nilai yang lebih bagus lagi, loh. Mungkin cara belajar kamu kayak gini sehingga nggak semuanya bisa masuk.

Jadikan buku kamu buku mewarnai
Memberi warna di buku teks tuh bisa bikin daya ingat kamu jadi lebih baik. Yang bikin nggak efektif itu, kalau kamu kasih terlalu banyak warna dan hampir semua bagian ditandai. Bukannya ingat, yang ada malah pusing.

Sistem kebut semalam
Seminggu sebelum ujian, kamu bilang nanti aja belajarnya. Eh, pas besok ujian, tengah malam baru deh ingat dan semua materi akhirnya dikebut semua. Pasti nggak ada yang bisa kamu inget besok.

Menulis di laptop
Biar keren, kamu seneng banget mencatat di laptop. Sayangnya, cara belajar ini nggak begitu efektif, loh! Justru, menulis di kertas yang akan bikin kamu jadi lebih ingat sama materinya.

Multitasking
Pengen belajar matematika, tapi sambil bales chat gebetan? Duh, konsentrasinya terpecah, tuh! Apa lagi kalau sambil nonton drama Korea. Yakin bisa konsentrasi?

Cuma mengulang baca
Karena kamu pikir udah tahu materi itu dengan baik, jadi males mengulang soal. Makanya, kamu cuma baca ulang teorinya tanpa mencoba cara belajar yang lain. Ingatan kamu akan ter-refresh, sih. Tapi, nggak akan bertahan sampai besok deh kayaknya!

Salah pilih tempat
Bosen di rumah bikin kamu pengen belajar di kafe atau warung kopi. Sekalian foto instagram gitu. Eh, bukannya ingat, kamu malah nggak bisa konsentrasi karena berisik. Cara belajar kayak gini kadang dianggap bener, padahal salah banget.

Belajar itu penting, tapi cara belajar dan strategi belajarnya juga harus pas. So, pelan-pelan tinggalkan kebiasaan yang nggak efektif ini biar nilainya bagus, ya!


No comments:

Post a Comment