Sunday, October 2, 2016

Waspadai 5 Tanda Ini Demi Hindari Kosmetik Bermerkuri

Banyak kosmetik yang dijual di pasaran memiliki kandungan yang berbahaya untuk kulit wajah. Harga yang murah dan hasil instan yang dirasakan membuat banyak orang, terutama perempuan yang tergiur untuk memberi produk kosmetik tersebut. Salah satu kandungan pada kosmetik "abal-abal" yang berbahaya bagi kulit adalah merkuri.
Merkuri merupakan bahan kimia yang berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan pada kulit seperti iritasi, gatal, panas, dan juga flek hitam. Dalam tingkat yang lebih parah, merkuri bisa menyebabkan kanker kulit, kerusakan syaraf dan gangguan pada janin. Untuk mencegah hal tersebut, berikut tip cara mendeteksi kosmetik yang mengandung merkuri. Silakan disimak!


1. Amati Tekstur Kosmetik
Kosmetik yang mengandung merkuri biasanya memiliki tekstur yang lebih kasar dan juga lengket. Pada sebagian produk ada yang mencampurnya dengan bedak dingin sehingga tampak lebih encer.


2. Perhatikan Warna Kosmetik
Umumnya, produk kosmetik yang mengandung merkuri akan memiliki warna mencolok hal tersebut terjadi karena produk tersebut tidak menggunakan bahan pewarna untuk kosmetik. Biasanya, mereka menggunakan pewarna tekstil yang tentu tidak baik untuk kulit.



Baca juga:



3. Cium Aroma Kosmetik
Merkuri merupakan zat kimia yang memiliki bau, seperti logam. Jadi, bila kosmetik Anda memiliki aroma logam, bisa jadi produk tersebut mengandung merkuri. Terkadang penjual produk kosmetik bermerkuri menambahkan aroma parfum menyengat untuk menyamarkan bau logam merkuri tersebut.


4. Oleskan Sedikit pada Kulit
Produk kosmetik yang mengandung merkuri biasanya akan menimbulkan efek samping pada kulit. Efek samping yang terjadi biasanya kulit akan menjadi gatal atau terasa panas seperti terbakar.


5. Proses Pemutihan pada Kulit Wajah Berlangsung Instan
Semakin tinggi kandungan kadar merkuri, makin cepat memberikan efek putih pada wajah. Namun, efek yang ditimbulkan sangat berbahaya. Lapisan kulit epidermis menjadi rusak, serta kandungan protein dan melanin pada kulit hilang sehingga mengakibatkan kulit tidak terlindungi dari paparan sinar matahari. 
Selain 5 hal di atas, krim merkuri juga bisa diindentifikasi dari gejala-gejala yang timbul pada tubuh seperti pusing, mual, tremor, susah tidur, gangguan penglihatan hingga depresi.

No comments:

Post a Comment