Monday, October 3, 2016

Cara Mudah Memahami Simbol Pada Label Petunjuk Perawatan Baju


Merdeka.com - Di bagian dalam pakaian biasanya terdapat secarik kain dengan sederet simbol tanpa penjelasan. Inilah petunjuk perawatan pakaian yang disertakan produsen pada setiap produk mereka. Rangkaian gambar ini berguna untuk membantu kita dalam mencuci, membersihkan, dan menyetrika pakaian agar senantiasa awet.
Seringnya kita mengalami kesulitan untuk memahami logo ini. Padahal penjelasannya mudah saja. Simak cara mengartikannya dari box di bawah ini.
  • Gambar kaleng berisi air dengan angka 30 derajat atau 60 derajat menunjukkan suhu air yang disarankan. Jika disertai gambar tangan, berarti hanya boleh dicuci dengan tangan.
  • Bleach berarti penghilang noda seperti cairan pemutih
  • Tumble dry berarti dikeringkan dengan mesin pengering.
  • Dry clean berarti pakaian dicuci dalam keadaan kering dengan bahan kimia. Biasanya pencucian seperti ini dilakukan di laundry service.

Dengan memahami penjelasan di atas, kita bisa menerjemahkan petunjuk perawatan pakaian berikut dengan mudah.




Gambar tersebut berarti baju sebaiknya dicuci dengan air bersuhu 30 derajat Celcius, tidak boleh bersentuhan dengan pemutih atau bleacher jenis apapun, boleh dikeringkan dengan mesin pengering, harus disetrika dengan suhu rendah, dan tidak boleh dicuci dengan metode dry clean. Tak sulit untuk dimengerti, bukan?


No comments:

Post a Comment