Thursday, October 6, 2016

Emang Otaknya Udang Kenapa Sih Sampe Dipake di Kiasan 'Otak Udang'? Ini Asal-usulnya!

Shrimp brain
urbandictionary.com

Sakit hati gak sih kalo dikatain otak udang? Kesannya kok jadi manusia gak ada gunanya banget, bodoh parah gitu deh rasanya.

Dan menurut KBBI, memang otak udang adalah sebuah kiasan yang berarti sukar mengerti atau bodoh.

Bahkan bukan cuma di bahasa Indonesia aja, di bahasa slang-nya bahasa Inggris juga ada istilah shrimp brain lho.


Kesian ya udang dibawa-bawa ke dalam perkara kebodohan manusia. Emangnya udang beneran bodoh ya? Tapi di video ini bisa sampe nyelesein rubiks gini:



Sungguh menakjubkan. Tapi itu beneran gak sih?

Ternyata... fake! Video tersebut diambil sebagai video promosi untuk sebuah program serial di BBC.

Jadi beneran udang itu bodoh ya, makanya dipake sebagai kiasan untuk nyebut kalo seseorang itu bodoh?

Ada beberapa anggapan mengenai asal-usul kenapa otak udang sama dengan bodoh.

Otak Udang = Bodoh, Karena...


1. Karena Udang Berukuran Kecil

Ada yang bilang karena udang itu kecil dan tidak berdaya, makanya ukuran sekecil itu pasti otaknya juga kecil. Makanya otak udang itu istilah untuk orang bodoh. Padahal, kan banyak binatang yang lebih kecil ya daripada udang. Semut gitu misalnya? Abisnya, meski otak semut itu sekecil sebuah titik, semut keliatannya lebih pinter aja gitu. Secara individu memang semut itu bodoh, tapi kalo berada dalam koloni semut bisa melakukan banyak hal yang bahkan bisa kamu tercengang. Makanya udang yang dipake.


2. Udang Tidak Punya Otak

Malah ada juga yang bilang, otak udang itu dipake sebagai istilah orang bodoh karena sebenarnya udang tidak punya otak. Jadi ibaratnya sama kayak dikatain gak punya otak lah gitu. Gimana gak kesel kalo dikatain gak punya otak. Eh emang udang beneran gak punya otak ya?

Udang dan kawan-kawan crustaceans lain punya otak kok, tapi mereka tidak menggunakannya sebagai pusat kontrol seperti manusia.


Ganglion pada udang
britannica.com
Tetapi otak berukuran kecil yang berada di balik mata udang adalah kumpulan 'ganglia' (plural: ganglion) atau otak kecil yang berada di sepanjang syaraf, yang melintang di sepanjang tubuh udang. Tuh yang warnanya pink (anterior ganglion-nerve cord).

Tubuh udang kan bersegmen tuh, dan otak yang panjang itu berada masing-masing satu di bagian segmennya, yang dipake sebagai penyampai sensor yang menyampaikan informasi mengenai keadaan sekitar udang; mulai dari getaran, unsur kimia, hingga gerakan air sekecil apapun.


3. Udang Buang Air di Kepala

Kalo liat di gambar anatomi di atas sih, udang ternyata punya anus, yang tentu kamu juga udah tau, sebagai defekasi atau pembuangan akhir. Jadi kalo pernyataan udang berak di kepala agak rancu ya. Tapi coba liat dulu deh video ini:



Lah itu pup-nya kan ya? Gimana menurut kamu?


4. Karena Perut Udang Ada di Kepala

Nih, perutnya udang memang ada di kepala.


Perut udang
britannica.com
Artinya, udang menyimpan makanan dan mencernanya di kepalanya. Makanya bisa juga diartikan kalo orang yang berotak udang itu gak make otaknya untuk berpikir tapi hanya memedulikan perutnya saja. Ibaratnya sih seenak udel gitu deh. Dan orang yang seenak udel itu cenderung dianggap sebagai orang yang berpikiran pendek atau malah gak menggunakan otaknya ketika bertindak. Jadi masuk akal ya?

Kurang lebih begitu deh kenapa bisa ada kiasan otak udang. Berarti kamu gak perlu jawab "Au, ah!" lagi yak kalo ada yang nanya kamu.


No comments:

Post a Comment