Sunday, October 2, 2016

Oh, Ini Lho Alasan Zebra Cross Berwarna Hitam Dan Putih



GoHitz.com - Banyak orang mengira bahwa warna hitam dan putih pada zebra cross hanya didasari oleh warna binatang zebra yang memang hitam putih. Padahal, disamping warnanya yang memang mirip zebra, warna hitam putih pada zebra cross memiliki makna tersendiri.

Zebra cross pertama kali diperkenalkan di Slough, Berkshire, Inggris pada 31 Oktober 1951. Jalur ini dibuat untuk mengurangi korban kecelakaan lalu lintas saat menyeberang jalan.

Awalnya, zebra cross bukanlah berwarna hitam putih seperti sekarang ini, melainkan berwarna biru dan kuning. Namun ternyata warna ini dinilai sulit terlihat dari jarak kejauhan. Sehingga diputuskan untuk mengganti warna biru kuning menjadi hitam putih. Warna hitam putih dianggap lebih terang serta lebih mudah dilihat dan dikenali dari kejauhan sehingga memudahkan pengendara untuk berhenti atau menurunkan kecepatan sebelum mencapai zebra cross.

Jika Anda perhatikan, hampir disetiap zebra cross selalu ada rambu larangan parkir bagi kendaraan. Hal tersebut dimaksudkan agar para penyeberang jalan tidak terhalang oleh mobil-mobil yang terparkir di sekitar zebra cross sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Ada beberapa ketentuan terkait pemasangan zebra cross di jalan raya. Pertama adalah zebra cross harus dipasang pada jalan dengan arus lalu lintas, kecepatan lalu lintas dan arus pejalan kaki yang relatif rendah. Kedua, lokasi zebra cross harus memiliki jarak pandang yang cukup agar tundaan kendaraan yang diakibatkan oleh penggunaan fasilitas penyeberangan masih dalam batas yang aman


No comments:

Post a Comment