Wednesday, October 5, 2016

Ini Manfaat Tersembunyi Makan Menggunakan Tangan


Suara.com - Saat ini kebanyakan orang menggunakan sendok dan garpu untuk melahap makanan mereka, karena dianggap lebih modern, higienis dan nyaman. Namun, mereka tidak menyadari bahwa ada alasan mengapa makan menggunakan tangan sangat dianjurkan dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi makanan menggunakan tangan yang harus Anda ketahui!


1. Meningkatkan penyerapan nutrisi makanan

Salah satu alasan mengapa Anda harus makan menggunakan tangan karena dapat meningkatkan penyerapan nutrisi makanan. Tentu saja hal ini dapat membuat sistem pencernaan Anda lebih sehat.


2. Mencegah cedera pada mulut

Menggunakan sendok dan garpu dengan tidak berhati-hati dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera. Apalagi jika Anda mengonsumsi makanan dalam kondisi panas. Dengan menggunakan tangan, risiko ini bisa dihindari karena tangan dapat memperkirakan terlebih dahulu apakah makanan tersebut aman ketika sampai di lidah.


3. Mendorong produksi enzim pencernaan

Ketika tangan menyentuh makanan, maka otak memberi sinyal ke perut bahwa akan ada makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Secara otomatis sistem pencernaan akan melepas enzim yang membantu mencerna makanan yang masuk.


4. Bakteri baik melawan bakteri jahat

Ada beberapa jenis bakteri dalam tubuh yang dapat melawan bakteri berbahaya dari lingkungan sekitar. Makan menggunakan tangan dapat membantu mempertahankan bakteri baik untuk masuk ke dalam sistem pencernaan. Namun pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, sebelum dan sesudah makan, ya!


No comments:

Post a Comment